Responsive image
Responsive image
Responsive image

Penyerahan Bantuan Modal Kerja Bagi UMKM

BIMBINGAN TEKNIS PENILAIAN KESEHATAN KOPERASI

Idul Fitri 1443H akan Tiba dan Akan Rindu Suasana Sahur

Bimtek Manajemen Perkoperasian Bagi PPKL

Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) merupakan ujung tombak dalam pembinaan koperasi di lapangan yang dapat menyampaikan informasi dan kebijakan dari Kementerian Koperasi dan UKM secara cepat. Sehingga potensi dan peluang pengembangan koperasi serta peningkatan kualitas koperasi dari sisi kelembagaan, usaha dan keuangan dapat dikelola dengan baik.

Pada Pertemuan ini Dinas Koperasi, UKM Provinsi Jambi Bidang Kelembagaan Koperasi Telah Melaksanakan BIMTEK MANAJEMEN PERKOPERASIAN BAGI PPKL KAB/KOTA SE-PROVINSI JAMBI dari tanggal 05 s.d 07 Desember 2022 di Ceria Hotel Komplek Mall Kapuk Lebak Bandung Kota Jambi. Kegiatan bimtek dibuka langsung oleh Kepala Dinas Koperasi, UKM Provinsi Jambi Bapak Hamdan, S.H., M.Si yang diwakili oleh Sekretaris Bapak Arifin. S. Sos yang dalam sambutannya kembali mengingatkan bahwa Manajemen koperasi menuju pengelolaan koperasi yang Propesional. Mungkin ada sebagian pengurus koperasi belum ada yang mengerti apa itu manajemen koperasi. Manajemen koperasi adalah suatu proses untuk mencapai melalui usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan. Untuk mencapai tujuan perlu diperhatikan adanya sistem manajemen yang baik, agar tujuan berhasil dengan diterapkan fungi-fungi manajemen.

Dalam perjalanannya, pengelola koperasi seringkali menghadapi banyak permasalahan, permasalahan yang sering muncul seperti; Lemahnya kualitas SDM Pengurus/Pengawas dan Pengelola Koperasi, Tingkat pertisipasi anggota renda, pengelolaan belum propesional , belum mampu mencari terobosan usaha baru dan belum dapat memanfaatkan peluang usaha yang ada, penguasaan teknologi terbatas, pemasaran tidak maksimal dan struktur permodalan masih lemah/terbatas. dari permasalahan pengelolaan koperasi, peran PPKL sebagai ujung tombak sebagai pembina sangat dibutuhkan untuk membangun koperasi menjadi koperasi yang Modern.

Peserta yang hadir pada bimtek manajemen perkoperasian merupakan PPKL dari kab/kota se-Provinsi jambi sebanyak 28 orang, kegiatan ini telah menghadirkan Kasubbag Perencanaan dan Pengelolaan Kinerja, Deputi Bidang Perkoperasian KEMENKOPUKM RI bapak Faizal Mhd Alhaq dan Bapak Purwanto dengan materi MONITORING DAN EVALUASI PROGRAM PETUGAS PENYULUH KOPERASI LAPANGAN (PPKL) dan ARAH KEBIJAKAN DAN PROGRAM PEMBERDAYAAN KOPERASI. Tak luput pula dari perhatian kepala bidang Kelembagaan Koperasi Bapak J. Ilyas. M. S.E. M.Si beserta Seluruh Kasi di bidang Kelembagaan koperasi dan Staf turut pula menghadiri. Kepala Bidang Kelembagaan Koperasi Bapak Ilyas menyampaikan Kegiatan Bimtek ini merupakan wadah bagi PPKL khusus menambah wawasan dan pendukung tentang perkoperasian sesuai dengan kebutuhan digital saat ini, sehingga permasalahan-permasalahan di lapangan bisa dapat diselesaikan dengan solusi yang terbaik, setiap koperasi harus mampu beradaptasi dengan langkah awal yang perlu dilakukan koperasi adalah membantu karakter kreatif dan inovatif memiliki daya saing antara koperasi sehingga koperasi dapat memulai transformasi untuk menata organisasi dan strategi yang mempunyai Inovasi, kreativitas dan menguasai teknologi digital yang berkembang saat ini sehingga dapat bermanfaat untuk perkembangan koperasi Modern.

Bimtek ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada peserta dalam memahami prinsip pengelolaan koperasi yang baik dan benar terutama meningkankan pengetahuan pengelola koperasi agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik. 

 

(YHY/Gemaskop Media Center)

 

Recent Feeds Instagram

GPR Widget

Link Terkait