Responsive image
Responsive image
Responsive image

PERKUAT PEMBINAAN KOPERASI DAN UMKM, FACHRORI LUNCURKAN PLUT

PEMBINAAN KOPERASI WANITA HARUS TERUS DI TINGKATKAN

PENATAAN DATA KOPERASI MELALUI ONLINE DATA SYSTEM (ODS) HARUS DI TINGKATKAN

PERKUAT PEMBINAAN KOPERASI DAN UMKM, FACHRORI LUNCURKAN PLUT

Kota Jambi - Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Koperasi dan UKM di bawah kepemimpinan Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar, M.Hum terus berupaya meningkatkan kinerja usaha Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM). Upaya tersebut salah satunya diwujudkan dengan peluncuran Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT), di Kawasan Jl.Patimura Kota Jambi, Selasa (28/7/2020). Gubernur Jambi meresmikan PLUT yang ditandai dengan pemotongan pita oleh Ketua Dekranasda Provinsi Jambi Hj.Rahima Fachrori. Peluncuran PLUT ini bertepatan dengan peringatan Hari Koperasi ke-73 dan hari UMKM Nasional kelima Tingkat Provinsi Jambi tahun 2020.

Fachrori berharap dengan peluncuran PLUT ini, selain memberikan dorongan terhadap pengembangan usaha koperasi dan UKM, adanya PLUT juga memperkuat pemerintah daerah dalam hal pembinaan KUMKM. Selain peluncuran PLUT, pada peringatan Hari Koperasi dan UMKM ini juga digelar pameran produk lokal Jambi selama tiga hari. Produk lokal yang dipamerkan yaitu kuliner, kriya dan obat-obatan herbal.
Fachrori mengatakan, keberadaan PLUT ini memberikan dampak positif terhadap dinamika pengembangan usaha KUMKM di Provinsi Jambi dan menjadi pusat fasilitasi, pusat pendampingan sekaligus pusat pembelajaran bagi semua pelaku usaha, sehingga KUMKM kedepan akan semakin tumbuh dan berkembang. “Pada kesempatan ini saya mengucapkan selamat hari ulang tahun koperasi ke-73 dan hari UMKM ke-5. Saya juga mengucapkan selamat dengan diluncurkannya PLUT sebagai pusat oleh-oleh Provinsi Jambi. Di tengah pandemi Covid-19 ini, dunia koperasi dan UMKM menjadi sangat berat dalam hal produksi, pemasaran dan pendanaan. Untuk itu Koperasi dan UMKM perlu beradaptasi dengan tantangan ini, mulai bagaimana cara berbisnis terutama memanfaatkan teknologi digital, inovasi produk dan harus masuk dalam ekonomi kreatif. Berbagai kebijakan pemerintah telah dilakukan untuk memulihkan ekonomi, mulai dari subsidi bunga kredit, pembiayaan investasi lembaga dan koperasi dan UMKM. Kami berharap Koperasi dan UMKM dapat beradaptasi dengan perkembangan yang dinamis”, jelas Fachrori.
Fachrori mengatakan, di PLUT ini telah disiapkan pendampingan, mulai dari bidang IT, pemasaran, produk, dan kelembagaan. “Dengan model seperti ini sudah terintegrasi, saya kira ini betul-betul bisa menjadi pusat yang sangat produktif dalam rangka pengembangan koperasi dan UKM di Provinsi Jambi. Jadi, masyarakat pelaku usaha dapat berkonsultasi ke PLUT ini. Jika ada kendala yang dihadapi dalam pengembangan usaha, bisa mendapatkan pendampingan. Saya harap PLUT ini bisa memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang dihadapi KUMKM saat ini,” tegas Fachrori.
Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jambi Hamdan SH,M.Si menyatakan bahwa rangkaian kegiatan dari hari Koperasi ke-73 dan hari UMKM nasional kelima Provinsi Jambi tahun 2020 adalah pemberian penghargaan kepada koperasi berprestasi tingkat nasional dan tingkat Provinsi Jambi Tahun 2020, penyerahan izin UMK kepada UMKM binaan, dan peluncuran PLUT sebagai pusat oleh-oleh Jambi.
“PLUT merupakan pusat layanan usaha terpadu yang bertugas melakukan pendampingan kepada UMKM yang ada di Provinsi Jambi, yang didukung oleh 7 orang konsultan, dimana konsultan tersebut bertugas melakukan pendampingan kepada pelaku UMKM dalam bidang kelembagaan, peningkatan SDM, peningkatan produksi, pemasaran produk, akses pembiayaan, dan pengembangan jaringan kerjasama. Disamping itu, PLUT menjadi pusat produk-produk UMKM. Selain sebagai pusat layanan pendampingan KUMKM, PLUT juga diharapkan dapat ditingkatkan fungsinya sebagai galeri pusat oleh-oleh Jambi dalam memasarkan hasil produk UMKM kabupaten/kota se Provinsi Jambi,” kata Hamdan.
PLUT, lanjut Hamdan, dapat dijadikan solusi bagi KUMKM. “Pandemi Covid-19 secara ekonomi sangat berdampak bagi pelaku KUMKM, maka kehadiran PLUT sebagai pusat oleh-oleh Jambi diharapkan dapat menjadi solusi bagi pelaku UMKM dalam memasarkan produknya dan bagi masyarakat pengunjung dari luar Provinsi Jambi untuk mendapatkan oleh-oleh yang berciri khas Jambi. Pusat oleh-oleh Jambi ini juga sejalan dengan arahan Papak Presiden RI agar kita lebih mencintai produk lokal dan bangga dengan produk Indonesia,” terang Hamdan.
Turut hadir pada kesempatan tersebut Ketua DWP Provinsi Jambi Iin Kurniasih dan para kepala OPD terkait lingkup Pemerintah Provinsi Jambi.
(Post Amirzan, Maria/edit: Mustar, foto: Agus) / Humas Provinsi Jambi.

 

 

Recent Feeds Instagram

GPR Widget

Link Terkait